Marketing Mix


sesuai dengan jurusan kuliah yang aku ambil, sesuai juga dengan minat yang aku miliki, yaitu pemasaran. ya ! artikel STUDY kita yang pertama adalah tentang pemasaran. pernah mendengar istilah MARKETING MIX ? atau 4P ? atau BAURAN PEMASARAN ?


tidak pernah dengar? bagus kalau begitu. sekarang saatnya aku sedikit bercerita tentang apa itu Marketing Mix. dalam siklus hidup sebuah perusahaan, penjualan adalah faktor utama yang menentukan akan sejauh mana dan seberapa besar perusahaan tersebut berkembang. Perusahaan yang menjual produk berupa barang, jelas mereka menjual sesuatu yang berbentuk. lalu bagaimana dengan perusahaan jasa? ya sudah pasti mereka menjual jasa. jasa apa? banyak! jasa konsultan, jasa pengacara / advokat, jasa keuangan / audit, bahkan hingga jasa biro jodoh.

loh, kenapa jadi ngomong tentang penjualan Bob? oh itu harus karena penjualan adalah hasil dari pemasaran yang baik. jadi penjualan itu tergantung pemasaran Bob? ya kalau menurutku tidak hanya tergantung pemasaran saja sih. tapi kira - kira 98% penjualan itu adalah hasil dari pemasaran yang optimal. so, apa hubungannya dengan bauran pemasaran? ups, sabar sebentar ya. pemasaran adalah upaya perusahaan untuk memperkenalkan dan menawarkan produk perusahaan kepada para calon konsumen. secara garis besar seperti itu. nah kalau bauran pemasaran, itu adalah kombinasi dari faktor - faktor yang mendukung pemasaran. disana ada PRICE, PLACE, PROMOTION, dan PRODUK. nah kebetulan untul PRICE, PROMOTION,PRODUCT sesuai nih sama judul skripsi yang lagi aku kerjakan. :)

Price atau harga. harga biasanya didasarkan pada biaya produksi. selain itu harga juga bisa didasarkan atas keadaan pasar. saat permintaan naik, harga akan ikut naik, begitu juga sebaliknya. keadaan seperti itu seperti saat hari raya Idul Fitri dimana harga daging ayam dan kebutuhan sembako lainnya akan mengalami kenaikan.

Place atau lokasi bisa diartikan sebagai distribusi maupun lokasi perusahaan. kebijakan untuk menentukan dimana lokasi perusahaan akan didirikan akan menentukan keberlangsungan hidup perusahaan. lokasi bisa dilihat dari jenis barang yang ditawarkan perusahaan. jika perusahaan menjual alat - alat keseharian seperti peralatan rumah tangga dan pakaian, maka lokasi perusahaan atau utamanya lokasi salespoint adalah dekat dengan pasar / masyarakat. bila yang ditawarkan barang tambang, jelas lebih dekat dengan sumber tambang tersebut karena bila dipaksakan dekat dengan tambang, akan beresiko menambah biaya seperti biaya transportasi dan biaya penyimpanan.

Promotion atau promosi. nah inilah sebenarnya menurut saya yang menjadi faktor utama didalam Marketing Mix. promosi yang baik dan efektif akan menghasilkan pelanggan yang loyal. beberapa tujuan promosi antara lain adalah untuk menjaring pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama, serta membentuk citra produk di mata konsumen. kita bisa melihat citra produk dari tempat dimana dia mempromosikan produknya. sebuah produk yang seringkali dipromosikan di iklan tv terkadang mendapatkan pandangan negatif dari penontonnya. mengapa iklan ini sering sekali di tv? apa karena produknya tidak laku? apa karena perusahaannya kaya? intinya promosi akan banyak berhadapan dengan manusia, baik dari sisi konsumen / masyarakat maupun produsen / salesforce.

product atau produk erat kaitannya dengan mutu atau kualitas dan packaging atau kemasan. kedua faktor tersebut erat kaitannya dengan brand perusahaan. produk dengan kualiatas baik, namun kemasan kurang baik akan menyebabkan pelanggan tidak berminat untuk membeli. tidak ada istilah dalam dont judge the book by its cover disini. kemasan sangat penting. bahkan bisa menjadi lebih kecil pada pasar - pasar tertentu. seperti anak - anak mungkin. permen dengan kualitas yang bisa merusak kesehatan akan menjadi menarik bila dikemas dalam bentuk menyerupai mainan.

jadi intinya, Bauran Pemasaran adalah kombinasi faktor - faktor yang digunakan oleh perusahaan untuk meraih hasil / penjualan yang optimum. satu yang harus dipahami. adalah berbeda antara pemasaran dan penjualan. terima kasih.

1 comments:

Miranti Pratiwi Lantah said...

hehe. belom baca ampe abis. tapi btw, kemaren ini jadi jawaban buat ujian saya bang. hehe :)

Post a Comment